" Berkunjung ke Ruangguru - A MINNILAND

Berkunjung ke Ruangguru

14.08


Disini pasti udah nonton Dilan 1990 dong...
Dilan alias Iqbaal Ramadhan saat ini menjadi Brand Ambasador Ruangguru dan 9 Februari lalu saya bersama teman lainnya berkunjung ke kantor PT Ruang Raya Indonesia (Ruangguru).  

Saya jelasin dulu deh apa itu Ruangguru.

Ruangguru merupakan salah satu digital startup Indonesia yang berfokus pada pendidikan. Mempunyai slogan "Belajar Jadi Luar Biasa" dengan belajar melalui aplikasi. Itulah kenapa disebut digital startup yang mengembangkan pendidikan berbasis teknologi. Ruangguru bisa disebut bimbel online. Menyediakan beragam paket pembelajaran mulai dari SD hingga SMA bahkan ikut menyediakan bimbel dalam menyiapkan diri untuk masuk kuliah. Poin pentingnya guru atau master teacher adalah orang yang kompeten dibidangnya dan beberapa diantaranya merupakan lulusan ternama luar dan dalam negeri. Oh ya, kurikulumnya juga mengikuti kurikulum pendidikan Indonesia saat ini jadi gak bakal ketinggalan.  Aplikasi ruangguru dapat kamu akses melalui playstore atau IOS di smartphonemu. Aplikasi ruangguru sudah diakses lebih dari 5 juta siswa maupun guru di seluruh Indonesia.

Kenapa sih Ruangguru itu perlu ? 
Seriusan deh kalo saya di tahun sekarang masih sekolah saya bakal download aplikasinya dan mulai ikut bimbel. Ruangguru itu praktis dan mudah karena gak perlu lagi ribet bawa alat tulis dan juga belajarnya lebih fokus. Yang paling penting harganya terjangkau dibandingkan bimbel konvensional lainnya. Kalo ada yang nggak ngerti tinggal nanya sama master teacher-nya dan juga bisa sharing pengetahuan lain. Sayangnya dizaman ku belum ada hufh. 

Ruang masuk pertama
Rungguru terletak di Jl. Tebet Barat Dalam Raya No. 22, RT 11/RW 3, Kec Tebet, Jakarta Selatan. Didepan gedung bakal tertulis Graha Sapta yang berarti kamu udah sampe dikantornya. Masuk ke kantor mata akan disuguhi pemandangan anak muda yang lagi duduk kumpul sambil pegang laptop. Namanya juga digital startup jadi kemana mana bawa laptop supaya praktis. Kantornya bertingkat 3 dan lumayan kecil. Bangunannya sengaja dibuat tinggi keatas supaya terlihat luas. Oh ya sepanjang yang saya lihat, rata-rata pegawainya masih tergolong sangat produktif yaitu anak muda banget bahkan gak ada deh bapak-bapak kecuali satpamnya.


Brand Ambasador Ruangguru



Lantai atas gedung









Digagas oleh Iman Usman dan Adamas Belva Syah Devara yang merupakan anak muda berbakat Indonesia. Mereka berdua bahkan masuk jajaran orang-orang yang membawa perubahan dalam teknologi diusia dibawah 30 tahun oleh Majalah Forbes Asia. Masih tergolong muda kan ? Itulah kenapa pegawai dan kantornya juga kece. Ini terbukti ada beberapa spot cakep yang bisa dijadikan spot foto. Contohnya spot diatas. Selama mengeliling kantor hal yang pasti dilihat adalah kalo nggak yang pegang laptop atau setumpuk kabel. 





Ada satu ruangan khusus disini yaitu ruang syuting. Sayangnya saat itu saya lagi sibuk jadi gak sempet untuk mengabadikan. Ruang syuting sendiri digunakan untuk membuat video pembelajaran yang biasanya siswa tonton di aplikasi. Bagi yang berminat menjadi guru/master teacher, boleh banget kok gabung tetapi bakal ada serangkaian tes karena guru/master teacher tidak hanya dituntut menjelaskan materi tetapi juga berimajinasi saat menjelaskan. 




Disini saya gak banyak ambil foto karena keadaan yang cukup sibuk saat itu dan juga untuk difoto gak enak dipandang hahaha. Kantornya cukup berantakan karena banyaknya kardus yang merupakan produk ruangguru sendiri, belum lagi kantornya yang cukup sempit. Semoga nantinya makin berkembang dan kantornya juga semakin luas.

Ini tuh pengalaman yang luar biasa bagi saya karena bisa berkunjung ke salah satu digital startup Indonesia. Siapa tahu kedepannya bisa main ke kantor startup lainnya. 

You Might Also Like

0 komentar